Jumat, 15 November 2013

Sederhana

Ya, aku suka banget sama kata sederhana. Sederhana dalam hal apa aja. Hidup sederhana, kebiasaan hidup yang sederhana, mikir yang sederhana, kalimat yg sederhana, kata-kata yang sederhana. Supaya semua orang bisa paham (memahami) kita karena apa yg ada pada diri kita adl hal-hal yg sederhana. 

Contoh! 
Kita hidup, hidup di dunia, sudah sekian tahun lamanya, kenal sama banyak org, terus dpt banyak masalah, yang sedeng-sedeng dan berat-berat. Terus kita harus gimana, sob? 
Jawab: ya diselesein aja masalahnya. Kalo udah selesai kan udah gak ada masalah lg. Clear, sederhana. Kalo ada masalah ya tinggal dselesaikan aja. Sekian. 

Semakin sederhana kita, maka semakin datang kemudahan-kemudahan dari Allah atas hidup kita. Seperti air sungai yg airnya tak pernah berhrnti mengalir.hehehe, sok puitis ya. 

Contoh lagi!
Kl ada 2 hal, kebaikan dan keburukan yg harus kita pilih yang mana, sob?? Sederhana, kita pilih kebaikan lah, ngapain repot-repot pilih keburukan kalo ada kebaikan? Sebenernya kebaikan dan keburukan kita gak bisa jamin kita juga hidup enak apa enggak sih. Tapi klo dilihat sama imbalan atau dampak yang akan kita dapetin,. ya mending kita pilih kebaikan lah karena Allah akan bales dengan kebaikan pula :) 

Sederhana. 
Sesederhana Allah ciptakan kehidupan untuk manusia. Nggak ada tujuan hidup yg lain selain untuk berusaha buat terus cari kridhoan-Nya. Allah hanya mau (berapapun lamanya kita hidup) ujungnya harus kebaikan. Tidak perlu kita repot-repot memikirkan buat ngelakuin keburukan apapun, karena gak akan kita dapetin keridoan-Nya dengan cara itu. Sederhana aja. 

Nah, yg trakhir. 
Surga bukan tempat sembarangan, kata Allah itu adalah sebaik-baiknya tempat kembali. Karen semua yg kita punya di dunia adalah titipan, makanya harus kita balikin lagi semuanya. Karen kita lagi pinjam (dpinjamkan) sama Allah, alias dpinjemin segala hal buat bekal kita mencari ridho-Nya, supaya kita bisa dapet tempat kembali yg terbaik itu. 

Karena surga adalah tempat yang bukan sembarangan, kebaikan (kesederhanaan) yg kita lakukan yg harus juga bukan kesederhanaan yg sembarang, bukan sekedar kebaikan yg 'ecek-ecek', karena sederhananya gak mungkin Allah memberikan tempat yg istimewa begitu aja. Harus ada usaha yg istimewa juga, sederhananya ada 4 usaha (doa, usaha, ikhlas, tawakal) atau biasa ku singkat DUIT biar mudah kita inget.

Makanya ku suka jadi orang yg sederhana, karena Allah juga suka denga orang-orang yg sederhana, karena Allah pun tidak meminta hal-hal yg menyusahkan kita, cukup dengan taat kepada-Nya, sederhana banget kan, satu kata: TAAT. Masa gak bisa kita lakukan itu? Bisalah sob!

Makanya Aa Gym bilang, lakukan semuanya mulai dari hal-hal terkecil (sederhana) krn itu mudah dan pasti bisa kita lakukan. 

Udah kalo ada yg sederhana kenapa harus pake ribet-ribet?! :)

Moga manfaat :)

7 komentar:

  1. yang ini bener banget luk. hidup itu simpel, kita yang membuatnya jadi rumit. thanks for sharing :D

    BalasHapus
  2. Sami-sami teh, main2 lagi ya kesini, hehe :)

    BalasHapus
  3. Sami-sami teh, main2 lagi ya kesini, hehe :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Betul sekali kakak :). Hidup dengan kesederhanaan dan sederhana bisa mendatangkan kebahagiaan kalau kita slalu bersyukur dan bersabar. Dan kebahagiaan insya Allah datang bersama dengan kesederhanaan, #zuhud

      Hapus
  5. Bisa ketemu dengan Luki caranya juga 'sederhana', menginspirasi Luki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ngegombal ya? ahaha.
      sip, ditunggu sengatan inspirasinya dari saudara.

      Hapus

Selamat membaca, semoga mendapat hikmah atau mungkin inspirasi dan semoga mendapat manfaat. Mari komen2 dan saling berbagi ^^