Minggu, 27 Mei 2012

DENGARKAN JUGA ORANG LAIN


Suara-suara haruslah kita dengarkan dengan baik.
Suara yang datang pelan dan yang datang dengan keras.
Keterbatasan manusia tidak dapat disalahkan, karena manusia memang tak ada yang sempurna, tugas kita adalah menjalankan semampu kita, tanpa paksaan dari siapapun.
Tugas-tugas memang sangat banyak, namun jika ada kesabaran untuk menunaikannya satu-persatu maka dengan sendirinya itu akan selesai.
          Setiap kita memang harus menyediakan tempat di hati untuk dicaci, dihardik, dihina, dan mungkin dimusuhi. Agar kita tidak sombong dalam bersikap dan dapat bijaksana dalam memutuskan hal yang penting. Sekali lagi, tugas kita adalah menjalankan tugas-tugas itu dengan tulus dan sungguh-sungguh. Dalam memperbaiki hubungan, menyatukan tujuan, membawa suasana, menginformasikan sesuatu, memutuskan hal besar, mendekati satu-persatu, mencontohkan perilaku yang baik, mempertahankan identitas, dan mewarnai setiap segi kehidupan dengan warna yang baik, yang itu semua harus kita lakukan dengan penuh perhitungan, penuh kesabarahan, dan penuh keikhlasan. Agar mereka tahu bagaimana manisnya pengorbanan dan harunya keberhasilan.
          Sekalian, Kita semua hanya manusia biasa yang tidak pernah mengharapkan beban ini terpikulkan pada pundak ini. Sekalian, hakikatnya kita semua bersaudara bukan bermusuhan. Terkadang sesama saudarapun masih ada kata-kata benci ataupun firasat tidak baik, apalagi posisi musuh yang kita sandang. Jangan jadikan manusia seperti “dewa”, yang hanya dapat memberi dan tidak dapat menerima. Tapi jadikan kami sebagai sahabat, yang akan selalu ada untukmu walau saat itu kami tak ada disana.
Dengarkan juga orang lain

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas :(
      terima kasih ya jempolnya hehe.
      mari menulis dan belajar lagi. #BelajarLagi

      Hapus

Selamat membaca, semoga mendapat hikmah atau mungkin inspirasi dan semoga mendapat manfaat. Mari komen2 dan saling berbagi ^^