Selasa, 07 Januari 2014

Sebuah definisi

Kata orang, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Ada benarnya juga ku rasa. Tapi buatku, adanya guru adalah syarat mutlak menuntut ilmu. Hal pertama yang Tuhan perintahkan kepada seklian manusia adalah untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu adalah hal pertama dan paling utama dalam kehidupan ini. Agar aktivitas menuntut ilmu kita sempurna, kita semua butuh guru.
Kata orang guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Maksudnya adalah guru menjadi pahlawan yang seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang yang tak belajar atau tak mengambil pelajaran. Sehingga julukan pahlawan tanpa tanda jasa cocok untuk sang guru. Julukan itu akan selalu ada selama masih ada manusia yang tidak memiliki kesadaran akan pentingnya proses belajar atau proses dari menutut ilmu. Selama itu pula guru akan dijadikan pahlawan tanpa tanda jasa. Selama itu pula guru adalah pahlawan yang berbeda dengan para pahlawan zaman kemerdekaan Indonesia, yang namanya diabadikan dimana-mana, bertanda jasa, dan akan selalu dikenang atau setidaknya diberikan ‘heningan cipta’ pada setiap seremonial upacara Sekolah Dasar. Namun, perlu ku tegaskan, aku sangat membanggakan jasamu wahai guruku, terima kasih.
Kembali lagi pada kata “pengalaman” yang dapat menjelma bagaikan guru bagiku. Ya, bagiku pepatah di awal tulisan ini adalah benar dan aku setuju dengan kesimpulan ini. pengalaman dapat memberikan kita rasa atau emosi yang membuat keyakinan kita menguat akan sebuah teori. Pengalaman juga dapat memberikan kita pandangan baru atas sebuah kejadian. Dan ini hanya berlaku untuk kamu yang belajar bersama pengalaman atau mebgambil pelajaran dari sebuah pengalaman hidupmu. Itulah mengapa Tuhanku selalu menciptakan segala sesuatu tiada yang sia-sia, pastinya ada sebuah bahkan lebih alasan dari satu penciptaan. Pastinya ada sebuah bahkan lebih hikmah dari sebuah penciptaan. Kalau boleh pengalaman ku samaartikan sebagai salah satu penciptaan Tuhan, maka kita semua sepakat akan berharganya sebuah pengalaman hidup. Lantas aku bertanya kepadamu, seberapabanyakkah pengalaman hidupmu, kawan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat membaca, semoga mendapat hikmah atau mungkin inspirasi dan semoga mendapat manfaat. Mari komen2 dan saling berbagi ^^